Google Rilis Statistik Keberadaan Orang Indonesia Selama Periode “Di Rumah Aja” COVID-19

Google Rilis Statistik Keberadaan Orang Indonesia Selama Periode “Di Rumah Aja” COVID-19

Pada hari kamis (02/04/2020), Google merilis data statistik pergerakan komunitas untuk setiap negara termasuk Indonesia. Data yang digunakan adalah data riwayat lokasi yang disimpan pengguna Google Maps di server Google.

Dari data itu diketahui bahwa terjadi penurunan kunjungan orang Indonesia ke daerah rekreasi dan pusat perbelanjaan sebesar -47%. Sementara itu penurunan sebesar -27% terjadi di farmasi dan pasar atau supermarket. Hal yang sama juga terjadi di taman-taman umum sebesar -52%, stasiun dan terminal -54%.

Penurunan yang tidak terlalu besar terjadi pada tempat kerja atau perkantoran sebesar -15%. Sedangkatan peningkatannya selama masa pandemi COVID-19 ini sebesar +15% untuk pengguna yang berada di rumah.

Baca juga:  9 Aplikasi Video Call atau Online Meeting di 2020

Sebagai catatan data dasar (baseline) yang digunakan untuk mendapatkan persentase ini diambil berdasarkan nilai median kunjungan mingguan ke tempat-tempat diatas selama 5 minggu mulai dari 3 Januari – 6 Februari 2020. Dari sana kemudian dibandingkan dengan data kunjungan mingguan hingga sekitar tanggal 29-30 Maret 2020, 3-4 hari sebelum laporan ini dirilis.

Lebih jelas data statistik kunjungan lokasi-lokasi di Indonesia ditampilkan pada gambar berikut.

Data statistik kunjungan pengguna di Indonesia selama periode COVID-19 (google.com).

Sumber: blog.google.com.

Komentar