Home / Headline / Tekno

9 Aplikasi Video Call atau Online Meeting di 2020

Pranatahouse.com - 27/04/2020

Ragam Aplikasi Video Call atau Online Meeting di 2020

Penulis : Editor

Belakangan ini karena banyak yang melakukan kerja dari rumah (WFH) akibat COVID-19, banyak perusahaan ataupun instansi pemerintah yang melakukan rapat secara online.

Tidak hanya bagi para pekerja atau pegawai, para pengguna umum pun juga lebih sering melakukan panggilan video saat ini.

Kita cukup bersyukur karena teknologi yang ada saat ini memungkinkan kita untuk segera bertransformasi ke era industri 4.0, dimana hampir semua kegiatan mengandalkan teknologi informasi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ragam aplikasi untuk melakukan panggilan video ataupun rapat secara online.

WhatsApp

Pada versi beta-nya sebagaimana dikonfirmasi oleh facebook melalui laman The Verge, dikatakan bahwa WhatsApp akan mendukung untuk lebih banyak orang dalam video call, yang semula dibatasi hanya 4 kini meningkat jadi 8 orang dalam 1 percakapan.

Baca juga: Integrasi Moodle dengan Zoom Meetings

WhatsApp Video Call 8 Orang (today.line.me).

Messenger Rooms

Aplikasi yang juga milik facebook ini sekarang juga memilki kemampuan meeting online dengan maksimal 50 orang. Berbagai fitur meeting pun disediakan, diantaranya adalah kemampuan untuk membatasi akses masuk dalam suatu meeting, admin dapat mengeluarkan orang dari meeting, termasuk menambahkan gambar latar dengan menggunakan augmented reality.

Messenger Rooms (Youtube: Josh Constine).

Skype

Pada versi gratis nya kita dapat melakukan panggilan video call hingga 50 orang sebagaimana dilansir dari laman skype.com, Minggu (26/04/2020).

Skype Video Call (skype.com)

Teams

Aplikasi yang juga dikembangkan oleh Microsoft ini memiliki kemampuan untuk melakukan meeting hingga 10.000 ribu orang. Hanya saja aplikasi gratisnya baru hanya untuk kalangan bisnis dan pendidikan saja.

Microsoft Teams.

Hangouts

Aplikasi video call yang tidak asing lagi ini merupakan aplikasi gratis dari Google. Jumlah maksimal orang yang dapat bergabung dalam 1 video call adalah sekitar 25 orang.

Google Hangouts.

Google Meet

Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini merupakan pengembangan dari Hangouts. Pada versi gratisnya untuk pengguna G Suite, aplikasi ini dapat melakukan panggilan video hingga 250 orang.

Baca juga: Tips Hemat Paket Data Saat Video Call dengan Aplikasi Telegram dan WhatsApp

Google Meet

Google Duo

Sama seperti WhatsApp, Google Duo juga saat ini telah mendukung video call untuk 8 orang.

Google Duo Video Call 8 Orang.

Webex

Aplikasi yang dikembangkan oleh Cisco ini merupakan salah satu aplikasi yang sudah cukup lama dikenal orang. Aplikasi yang dikembangkan sejak 1995 ini awalnya merupakan perusahaan startup sendiri dengan nama Webex. Tahun 2007 Cisco mengakuisisi Webex hingga sekarang.

Pada versi gratisnya, kita dapat melakukan meeting online dengan 100 orang.

Zoom

Ini merupakan aplikasi yang telah dikembangkan sejak tahun 2011. Zoom merupakan salah satu aplikasi meeting online yang paling banyak digunakan saat ini, karena kemudahan yang ditawarkan dan juga ada akses gratisnya.

Pada versi gratis kita dapat menggunakan zoom untuk 40 menit pertama dengan maksimal 100 orang.

Zoom Meeting (Google Play Store)

Sumber: theverge.com, digitaltrends.com, today.line.me.


Ingin berdonasi? Silakan klik tombol di bawah ini. 👇
Punia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Post comment