Categories: HeadlineTekno

5 Browser Android Dengan Dukungan Add-ons atau Extension

Apabila kita termasuk orang yang sering menggunakan browser di komputer PC atau laptop pastinya tidak asing lagi dengan istilah add-ons atau extension pada browser.

Add-ons atau extension ini merupakan aplikasi tambahan pada browser yang dikembangkan baik oleh internal browser ataupun pihak ketiga untuk menambahkan fungsi atau kemampuan dari browser, seperti misalnya pemblokir iklan.

Namun, apabila berselancar internet menggunakan Android, browser bawaannya biasaya tidak disertai dukungan untuk menambah add-ons atau extension ini.

Bagi yang mencari-cari browser di Android dengan dukungan Add-ons, berikut daftarnya.

Firefox

Browser yang dikembangkan oleh Mozilla ini merupakan salah satu yang paling sering disebut selain Chrome. Aplikasinya dikembangkan dengan engine sendiri yang merupakan turunan dari WebKit dengan nama Gecko.

Baca juga: Menjaga Agar Tetap Login di Situs Web

Add-ons dapat ditambahkan melalui menu tiga titik > Add-ons > Browse Firefox’s Recommended Extensions.

Aplikasinya dapat diinstal pada link berikut.

Firefox Preview

Penambahan add-ons dapat melalui menu tiga titik > Settings > Add-ons. Pada daftar add-ons yang muncul tekan tombol plus untuk menambahkan add-ons yang diinginkan.

Jika ingin mencoba Firefox Preview memiliki 2 versi, yakni rilis dan nightly. Buat yang suka dengan update terbaru dapat memilih versi nightly. Versi stabil nya dengan sedikit bugs adalah versi rilis.

Yandex Browser

Ini merupakan browser yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan mesin pencari asal Rusia Yandex berbasis Chromium.

Baca juga: Google Rilis Chrome Versi 81 dengan Fitur Tab Groups

Penambahan ekstensi dapat dilakukan dengan menu tiga titik > Settings > Extension catalog. Saat tulisan ini ekstensi yang didukung masih sedikit.

Pemblokir iklan tidak ada disana, namun jadi satu kesatuan dalam Yandex browser yang dapat diaktifkan melalui menu Settings.

Instal aplikasinya disini. Selain versi rilis, juga tersedia versi alfa dan beta untuk dicoba.

Kiwi Browser

Ini merupakan salah satu browser turunan Chromium yang juga open source. Kodenya dapat diakses pada alamat ini. Melalui browser ini kita dapat memasang beragam ekstensi chrome seperti layaknya penggunaan Chromium versi Desktop.

Penambahan extension pada browser ini dapat dilakukan lewat menu tiga titik > Extensions > Tap pada link Google dan Pilih Chrome Web Store – Extensions pada hasil pencarian. Pada extension yang mau ditambahkan tap Add to Chrome.

Baca juga: Menjalankan Youtube Fullscreen Tanpa Iklan di Android

Instal aplikasinya disini.

Dolphin Browser

Ini merupakan browser yang sudah lama dikenal banyak orang karena kemampuan extension yang dimiliki seperti converter Web to PDF.

Browser ini dikembangkan dengan engine miliki Dolphin sendiri berbeda dari Gecko Firefox dan Blink dari Chromium.

Add-ons dapat ditambahkan dengan mencari di Google Play Store dengan kata kunci “dolphin add-ons” tanpa tanda kutip. Buka add-ons nya dan klik instal.

Aplikasinya dapat diinstal pada link berikut.