Home / Headline / Tekno / Tips

3 Aplikasi Peta Offline di Android dengan Navigasi Bahasa Indonesia

Pranatahouse.com - 24/07/2021

3 Aplikasi Peta Offline di Android dengan Navigasi Bahasa Indonesia
3 Aplikasi Peta Offline di Android dengan Navigasi Bahasa Indonesia.

Penulis : Editor

Terdapat banyak aplikasi peta yang tersedia di Android untuk kita melakukan navigasi secara offline, namun hanya beberapa yang menyediakan kemampuan navigasi panduan suara dalam bahasa Indonesia. Berikut merupakan beberapa diantaranya yang sudah penulis coba.

Here WeGo Map

Ini adalah aplikasi peta yang awalnya dikembangkan oleh Nokia kemudian dilanjutkan oleh Here Technologies. Aplikasinya yang dirilis pertama kali pada tahun 2012 silam ini telah beberapa kali berganti nama dengan awalnya Nokia Maps kemudian Here Maps dan terakhir Here WeGo Maps.

Navigasi bahasa indonesia nya memiliki 2 jenis suara, yakni Bahasa Indonesia dengan penyebutan nama jalan (with spoken street names) dan hanya arah (natural-sounding voice, male). Pengaturannya dapat dilakukan lewat menu hamburger > Settings > Navigation > Voice options > Choose voices. Di halaman itu akan ditampilkan semua panduan suara yang didukung oleh aplikasi peta Here WeGo.

Instal aplikasinya disini.

Maps.Me

Aplikasi peta ini awalnya dikembangkan oleh MapsWithMe GmbH, kemudian diakuisisi oleh My.com. Dirilis pertama kali pada tahun 2011, aplikasi ini sekarang telah diinstal sebanyak 50 juta kali, sesuai informasi di Google Play Store. Pada tahun 2015 kode aplikasinya dibuka untuk umum dan dapat diakses pada alamat githubnya.

Baca juga: Cara Mengetahui Aman Tidaknya Aplikasi Android Sebelum Instalasi

Terkait panduan navigasi bahasa indonesia hanya memiliki 1 jenis suara untuk arah dan menggunakan TTS dari Google. Pemilihan panduan suaranya dapat diakses lewat menu hamburger di kanan bawah > Settings > Navigation > Voice instructions > centang pada On > tap Voice Language untuk memilih bahasa Indonesia.

Instal aplikasinya lewat link ini.

Magic Earth

General Magic sebagai pengembang aplikasi ini, merupakan aplikasi awalnya bernama ROUTE 66 Maps. Aplikasi nya dirilis pertama kali untuk android pada tahun 2015. Sama seperti Maps.me, data yang digunakan pada aplikasi ini berasal dari OpenStreetMap (OSM), sehingga secara fitur sacara umum mirip dengan kebanyakan aplikasi berbasis OSM lainnya.

Navigasi suara bahasa Indonesianya ada 3 pilihan, yakni yang dari bawaan TTS Android dan dua (2) suara dari internal Magic Earth sendiri. Pemilihan suaranya dapat diakses lewat menu Gerigi di kanan bawah > General > Sound > Voice Language. Pada halaman ini kita dapat memilih suara dari Text-to-Speech bawaan Android atau suara Ahmad dan Lia untuk bahasa Indonesia dari Magic Earth.

Aplikasinya tersedia disini.

Komentar