Home / Headline / Tips

Mengubah Ukuran Semua Gambar dalam Dokumen dengan LibreOffice Writer

Pranatahouse.com - 21/07/2022

Mengubah Ukuran Semua Gambar dalam Dokumen dengan LibreOffice Writer

Penulis : Editor

LibreOffice Writer merupakan aplikasi gratis terbuka yang dikembangkan oleh komunitas dan yayasan The Document Foundation (TDF). Aplikasi ini memiliki fitur yang serupa dengan Microsoft Office Word untuk mengolah dan membuat dokumen teks.

Selain memanfaatkan berbagai fitur yang telah disediakan oleh Writer kita juga dapat menambahkan fungsi-fungsi baru ke dalam aplikasi ini melalui ekstensi. Terdapat banyak ekstensi yang telah dikembangkan oleh perorangan ataupun perusahaan untuk Writer, salah satunya yang akan kita bahas adalah PicTool.

PicTool adalah ekstensi untuk mengolah semua gambar yang ada dalam dokumen. Salah satu fiturnya adalah kemampuan untuk mengubah ukuran semua gambar sekaligus. Cara menggunakannya cukup mudah, download dahulu ekstensinya pada alamat berikut. Kemudian pada Writer, buka menu Tools > Extension Manager…. Pada dialog yang muncul klik tombol Add lalu cari ekstensi PicTool yang telah kita download tadi. Selanjutnya buka ulang Writer untuk menyelesaikan instalasinya.

Penggunaannya cukup mudah, buka salah satu dokumen yang berisi gambar, atau buat dokumen dengan memasukkan beberapa gambar yang serupa ukurannya. Apabila ingin mengubah ukuran semua gambar yang ada langsung klik tombol PicTool pada toolbar Writer. Akan muncul dialog yang memungkinkan kita mengubah ukuran dari semua gambar yang ada.

Baca juga: Ragam Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office di Tahun 2020

Pada kasus ini kita akan mengubah ukuran gambarnya menggunakan persentase. Langkahnya, klik pada input % di area Size lalu ubah persentasenya, misal 80, lalu klik tombol OK dan CLOSE untuk melihat hasilnya. Apabila berhasil maka semua gambar akan berubah sesuai persentase yang telah kita atur tadi.

Selain, menggunakan dialog diatas, kita juga dapat mengganti semua ukuran gambar melalui macro dari PicTool. Caranya, buka menu Tools > Macros > Edit Macros…. Pada jendela Macros, diarea bagian kiri klik folder PicTool lalu klik 2x pada PicDlgExec seperti pada gambar.

Selanjutnya, cari baris berikut pada baris 1168 dan 1169 seperti pada gambar diatas, baris ini akan berbeda jika menggunakan versi PicTool yang berbeda. Saat tulisan ini dibuat versi PicTool yang digunakan adalah versi 1.0.8. Tambahkan kata rem pada 2 baris tersebut.

rem g.Height = (g.ActualSize.Height-crop.Top-crop.Bottom)*DlgSize/100
rem g.Width = (g.ActualSize.Width-crop.Left-crop.Right)*DlgSize/100

Lalu, tambahkan lagi kode berikut pada baris dibawahnya atau dapat dilihat pada gambar.

g.Height = 11000
g.Width = 7000

Nilai 11000 point dan 7000 point adalah ukuran baru yang akan kita berikan untuk semua gambar yang ada dalam dokumen. Silahkan mengganti-ganti nilainya apabila menginginkan ukuran yang lain. Apabila sudah selesai, tekan Ctrl+S untuk menyimpan programnya. Lalu, buka kembali menu PicTool pada toolbar di Writer dan berikan sembarang nilai pada persentase lalu klik OK dan CLOSE untuk melihat hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

*

Post comment